Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin

LOMBA NASIONAL TAHUNAN RANCANG BANGUN MESIN KE – 11 Tahun 2022

“Teknologi Kemaritiman Berbasis Energi Baru dan Terbarukan”

Lomba Nasional Rancang Bangun Mesin ke-11 (LNTRBM XI) merupakan satu-satunya ajang kompetisi bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia. Melalui lomba ini, diharapkan mahasiswa program sarjana bidang ilmu Teknik Mesin Indonesia dapat mengembangkan kemampuan perancangan dan inovasi-nya dengan mempertimbangkan aspek-aspek keteknisan yang sudah dipelajari di perkuliahan. Keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi yang membutuhkan ide-ide yang berguna bagi perkembangan teknologi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa berinovasi serta kepedulian mahasiswa terhadap kemandirian bangsa melalui teknologi.

Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT-RBM) XI 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Oktober 2022, dan sebagai tuan rumah penyelenggara adalah Universitas Hasanuddin.

Lingkup Perancangan

Ruang lingkup perancangan mekanikal yang terkait dengan tema “Teknologi Kemaritiman Berbasis Energi Baru & Terbarukan” ditekankan pada desain alat yang akan dibuat dalam mengatasi permasalahan  yang ada dibidang kemaitiman dengan memanfaatkan energi baru dan terbarukan.  Aspek penting yang akan dinilai adalah Kreatifitas dan originalitas desain, Pemanfaatan ilmu Teknik Mesin, Design for Manufacture and Assembly (DFMA), Functionality dan CAD modelling  seperti tingkat kerumitan, dan detail gambar.

Persyaratan Lomba

Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin XI – 2022 ini diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana bidang ilmu Teknik Mesin seluruh Indonesia.

Ketentuan lain lomba ini adalah sebagai berikut:

  • Peserta membentuk tim yang terdiri dari 2 – 4 mahasiswa/kelompok dengan ketua tim berasal dari Prodi Teknik Mesin
  • Peserta angkatan 2019 – 2021.
  • Peserta menggunakan Software yang sama (alternatif pilihan: Autodesk Fusion 360).
  • Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin ini tanpa disertai pembuatan prototip.
  • Peserta akan didiskualifikasi jika ditemukan unsur plagiat.
  • Peserta diwajibkan mengirimkan soft copy “Proposal Teknologi Kemaritiman Berbasis Energi Baru & Terbarukan” melalui akun di website BKSTM

Rangkaian Kegiatan Lomba:

  1. Tahap Webinar-webinar mengenai Teknologi Kemartiman dan Aplikasinya di Indonesia serta Pengunaan Perangkat Lunak Keteknikmesinan
  2. Tahap Pemasukan Proposal
  3. Tahap Presentasi

 

Informasi Lebih Lanjut:

LNTRBM-XI – BKSTM (unhas.ac.id)

X